Rabu, 16 Juli 2014

PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN OSIS


PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH
TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN  ANGGOTA OSIS

SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA
TAHUN 2014


Disusun Oleh  :
                                                            Aji Pratama Putra
Anita Nur Afrilia
                                                            Arthandy Mahardika
                                                            Dwi Santoso
                                                            Gagat Leksono
                                                            Monica Inge Yulianto
                                                            Muhammad Ridwan
                                                            Nuke Avilia Putri Rahardi
                                                            Ramadhani Shalikhah



SMA NEGERI 1 SEWON
JALAN PARANGTRITIS  5 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2014/2015


Karya tulis yang berjudul “Pengaruh Kegiatan Organisasi Intra Sekolah Terhadap Kegiatan Pembelajaran Anggota OSIS SMA N 1 Sewon Bantul Yogyakarta Tahun 2014” Ini disetujui dan disahkan pada tanggal xx Maret 2014.



                Pembimbing,                                                                                                     Wali Kelas,





Drs. Samsuharjo                                                                               Y. Anton Kristianta,S.Pd
       NIP 19640117 200701 1 004                                                              NIP 19740414 200501 1 007




Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Sewon




Drs. Marsudiyana
NIP 19590322 198703 1 004

i
KATA PENGANTAR
                Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis sehingga karya tulis yang berjudul “Pengaruh Kegiatan Organisasi Intra Sekolah Terhadap Kegiatan Belajar Anggota OSIS SMA N 1 Sewon tahun 2014” ini dapat diselesaikan.
                Tujuan penelitian karya tulis ini adalah untuk memenuhi tugas sosiologi dan untuk mengetahui pengaruh kegiatan OSIS terhadap anggotanya pada saat kegiatan belajar di kelas.
                Dalam penyelesaian karya tulis ini, penulis mendapat bantuan dari berbagi pihak. Untuk itu, penulis ucapkan terimakasih kepada :
1.       Drs. Marsudiyana selaku kepala SMA N 1 Sewon yang telah memberikan izin kepada penulis untuk mengadakan penelitian
2.       Drs. Samsuharjo yang telah memberikan bimbingan penulis karya tulis ini, dan
3.        Semua pihak yang telah membantu menulis.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini tidaklah sempurna. Untuk itu, saran dan kritik dari pembaca sangat diharapkan . Atas saran dan kritiknya, penyusun mengucapkan terima kasih.




Penyusun
ii

Daftar isi
Halaman Sampul.......................................................................................................................................
Halaman Pengesahan .............................................................................................................................i
Kata Pengantar........................................................................................................................................ii
Daftar Isi.................................................................................................................................................iii
BAB I  Pendahuluan.................................................................................................................................1
                Latar Belakang...........................................................................................................................1
                Rumusan Masalah......................................................................................................................1
                Tujuan Penelitian................................................................................................................... ...1
                Manfaat Penelitian...................................................................................................................1
Sistematika................................................................................................................................1
BAB II Kajian Teori...................................................................................................................................2
                Teori Pendukung........................................................................................................................2
                Hipotesis....................................................................................................................................5
BAB III Metode penelitian.......................................................................................................................6
                Pendekatan Masalah................................................................................................................6
                Sumber Data............................................................................................................................6
                Teknik Pengumpulan Data.........................................................................................................6
                Analisis Data..............................................................................................................................6
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan...............................................................................................7
                Hasil Penelitian ........................................................................................................................7
                Pembahasan.............................................................................................................................8
BAB V Penutup......................................................................................................................................11
                Kesimpulan ............................................................................................................................11
Saran.......................................................................................................................................11
Lampiran...............................................................................................................................................12
Daftar Gambar......................................................................................................................................32
Daftar Pustaka.....................................................................................................................................34
               









BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makluk sosial yang saling membutuhkan bantuan dari individu yang satu dengan individu yang lain .Sesuai dengan salah satu sifat manusia yaitu mempunyai naluri untuk hidup berkelompok  dan membentuk organisasi untuk mengikat dan mengatur apa yang diinginkan dan tujuan masing-masing. Tidak terkecuali kita sebagai pelajar ,di sekolahan telah di sediakan beberapa organisasi untuk melatih pelajar mengikut sertakan dalam kegiatan organisasi yang positif. Contoh organisasi yang tersedia di sekolah biasanya yaitu OSIS(Organisasi Intra Sekolah), MPK , DA (Dewan Ambalan), PMR (Palang Merah Remaja) dan masih banyak Organisasi lainnya.
Organisasi yang paling  bergengsi di sekolah biasanya yaitu OSIS, karena OSIS adalah penggerak sosial dan perwakilan para pelajar untuk membuat kegiatan yang positif untuk sekolahnya, dengan siswa mengikuti kegiatan tersebut tentunya akan melatih kedisiplinan, rasa tanggung jawab, komitmen yang telah dibuatnya, menumbuhkan solidaritas, dan konsisten dengan perilakunya .
Namun dengan hal demikian jarang membawa hal negatif bagi para pelajar yang mengikuti atau menjadi anggota OSIS di sekolahnya. Dengan mengikuti kegiatan tersebut terkadang membuat para anggota malas masuk jam belajar mengajar di kelas. Membuat kita lelah dengan kegiatan tersebut sehingga membuat pelajar yang menjadi anggota OSIS malas untuk sekolah. Lalu berpengaruh proses pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap nilai sekolah para pelajar yang menjadi anggota OSIS





1
B.      Rumusan Masalah

1.       Bagaimana pengaruh kegiatan OSIS untuk para pelajar yang menjadi anggotanya dengan belajar di sekolah ??
2.       Apakah kegiatan OSIS mengganggu para anggota balajar di rumah ?
3.       Apakah kegiatan OSIS mempengaruhi nilai sekolah para anggota OSIS ?
C.      Tujuan Penelitian
1.       Untuk mengetahui pengaruh kegiatan OSIS para anggotanya dengan belajar di skolah.
2.       Untuk mengetahui pengaruh kegiatan OSIS pada anggotanya terhadap nilai sekolah
3.       Untuk mwmbuktikan kegiatan OSIS di masyarakat berpengaruh dengan kegitan belajar para anggota OSIS
D.      Manfaat Penelitian
a.       Dapat mengetahui pengaruh kegiatan OSIS pada anggotanya dengan kegiatan belajar di sekolah
b.      Daapat mengetahui pengaruh kegiatan OSIS pada nilai sekolah para anggotanya
c.       Mendapat pembuktian kegiatan OSIS berpengaruh dengan kegiatan pembelajaran di sekolah terhadap pada anggotanya
E.       Sistematika
Materi pembahasan dalam penulisan ini dapat dibagi menjadi beberapa sub bab secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut                 :
BAB I                     : Terdiri atas latar belakang masalah dan rumusan masalah, tujuan penelitian,
  manfaat penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II                    : Pengkajian teori dan hipotesis
BAB III                   : Metode penelitian
BAB IV                  :hasil penelitian
BAB V                    : merupakan bab penutup yang meliputi kesimpulan dan saran




2
BAB II
KAJIAN TEORI
 Aristoteles (makhluk sosial)
Makhluk sosial merupakan zoon politicon, yang berarti menusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain.

Muhammad Zuhri (makhluk sosial)
Makhluk sosial adalah makhluk yang tidak akan sanggup hidup sedniri, selalu bergantung pada orang lain dan apa yang dibutuhkannya dalam hidup juga dibutuhkan pula oleh orang lain.

ADAM SMITH(sistem sosial)
Adam Smith mengusulkan teori interaksionis, yakni bahwa sistem sosial muncul dari interaksi individu – individu yang ingin memenuhi kepentingan mereka. Masyarakat dibentuk oleh pembagian kerja yang mana diantara mereka salig tukar menukar barang. Dalam hal ini disimpulkan bahwa Masing – masing individu saling membutuhkan satu sama lain sehingga interaksi sesama dibutuhkan diantara mereka.
TALCOTT PARSON(sistem sosial)
Parsons menitikberatkan teorinya pada tindakan sosial. Sistem sosil merupakan salah satu cara dimana tindakan sosial dapat terorganisir. Disamping itu, terdapat dua sistem tindakan lain yang saling melengkapi yakni sistem kultural yang mengandung nilai dan simbol dan sistem keperibadian para pelku individualnya. Parsons mengungkapkan bahwa masyarakat adalah sistem sosial yang dilihat secara total. Namun bila sistem sosial dilihat sebagai sistem parsial, maka masyarakat itu dapat berupa bagian – bagian sistem yang kecil. Misalnya keluarga, sistem pendidikan dan lembaga keagamaan.Menurut parsons sistem sosial cenderung bergerak ke arah yang simbang. Artinya bila terjadi kekacauan dalam sebuah masyarakat maka sistem sosial mengadakan sebuah penyesuaian untuk mencapai kedaan normal. 

3
EMILE DURKHEIM (sistem sosial)
Sistem sosial dilihat oleh durkheim atas beberapa terminologi tentang masyarakat, diantaranya:
cara bertindak, berpikir dan berperasaan yang berada di luar individu yang mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut.
è1. Fakta Sosial
 melihat suatu fakta sosial tidak dapat diterima begitu saja yang pada akhirnya menciptakan prilaku moral karena adanya faktor – faktor lain seperti pertimbangan psikologis, biologis seseorang, dll.. Sui generis  
 cara dan usaha manusia untuk membangun suatu komunitas yang disebut oleh durkheim sebagai masyarakat. Ada dua yang membangun solidaritas itu yakni solidaris organik ( melihat latar belakang kelompoknya harus sama) dan solidaritas. Solidaritas Sosial
Di dalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1993 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS. Kepanjangan OSIS terdiri dari, organisasi, siswa, intra, sekolah:
Masing-masing mempunyai pengertian:
1.    Organisasi
Secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompok ke rjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.
2.    Siswa
adalah peserta didik pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.
3.    Intra
adalah berarti terletak didalam dan di antara. Sehingga OSIS berarti suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
4.    Sekolah
adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan bersinambungan.

2.    Secara Organisasi
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian / alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

3.    Secara fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan khususnya di bidang pembinaan kesiswaan arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaa, di sampig ketiga jalur yang lain yaitu : Latihan Kepemimpinan, Ekstrakurikuler dan Wawasan Wiyatamandala.
                                                                                                                        4
4.    Secara Sistem
Apabila OSIS dipandang suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya mencitapakan suatu organisasi yang mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan. Oleh karena OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok:
1.    berorient asi pada tujuan.
2.    memiliki susunan kehidupan kelompok
3.    memiliki sejumlah peranan.
4.    terkoordinasi dan
5.    berkelanjutan dalam waktu tertentu.

B. hipotesis
          Berdasarkan konsep-konsep yang telah dituangkandalam kerangka berfikir ,maka hipotesis yang dapat diajukan adalah sebagai berikut   :
1.       terdapat kegiatan OSIS di SMA N 1 Sewon
2.       kegiatan OSISi diminati dan diikuti oleh anggota OSIS SMA N1 sewon
3.       kegiatan OSISi di sekolah memiliki dampak negatif maupun positif
4.       kegiatan OSIS di sekolah memberi pengaruh terhadap kegiatan belajar
         












5
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Guna mendapat data kami menggunakan metode sebagai berikut :
A.      Pendekatan Masalah
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah peran sosiologi yakni menelaah permasalahan pengaruh organisasi intra sekolah terhadap anggotanya.
B.      Sumber Data
Dalam pengambilan data diperoleh bersumber pada :
a.       Data Primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dengan melalui pemberian angket pada anggota OSIS.
b.      Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dengan cara mencari dan mengumpulkan berbagai literature antara lain referensi buku dan internet.
C.      Teknik Pengumpulan Data
1.       Angket
Yaitu dengan cara memberikan atau menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh para responden.
D.      Analisis Data
Setelah data terkumpul dan diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan :
Analisis Kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan pada makna dan penalaran, data hasil pengisian angket.

6
BAB IV
A.    Hasil penelitian
1.     Faktor adanya kegiatan OSIS di sekolah.
No
Pertanyaan
Jawaban
presentasse
ya
tidak
ya
tidak
1
Apakah di sekolah anda terdapat organisasi ?
20
-
100%
-
2
Apakah kegiatan tersebut dilakukan setiap hari ?
5
15
25%
75%
3
Apakah kegiatan tersebut diminati banyak siswa ?
18
2
90%
10%

2.     Partisipasi pada kegiatan OSIS sekolah
No
Pertanyaan
jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
Tidak
1.
Apakah anda mengikuti kegiatan tersebut ?
20
-
100%
-
2.
Apakah anda selalu aktif dalam kegiatan tersebut?
20
-
100%
-

3.     Pendapat mengenai kegitan OSIS di sekolah
No.
Pertanyaan
Jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
Tidak
1.
Apakah anda setuju dengan adanya kegiatan tersebut ?
20
-
100%
-
2.
Apakah anda mendukung jalannya kegitan tersebut ?
20
-
100%

3.
Apakah berdampak negatif bagi anda ?
-
20
-
100%





7
4.     Dampak kegitan OSIS pada kegiatan belajar di sekolah
No.
Pertanyaan
jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
tidak
1.
Apakah kegiatan tersebut membawa dampak positif  bagi anda ?
20
-
100%
-
2.
Apakah kegiatan tersebut mengganggu belajar anda ?
3
17
15%
85%
3.
Apakah nilai anda menurun ketika sibuk dengan kegiatan tersebut ?
6
14
30%
70%
4.
Apakah anda sering ijin saat belajar mengajar di sekolah untuk menfikuti kegiatan OSIS tersebut ?
14
6
70%
30%
5.
Apakah kegiatan tersebut  dilakukan pada saat pelajaran berlangsung?
8
12
40%
60%

B.   Pembahasan
Berdasarkan penelitian di atas,dapat di perinci sebagai berikut.
Tabel I
No
Pertanyaan
Jawaban
presentasse
ya
tidak
ya
tidak
1
Apakah di sekolah anda terdapat organisasi ?
20
-
100%
-
2
Apakah kegiatan tersebut dilakukan setiap hari ?
5
15
25%
75%
3
Apakah kegiatan tersebut diminati banyak siswa ?
18
2
90%
10%


8
            Dari responden diperoleh dta yang menyatakan 100% di sekolah terdapat kegiatan organisasi .Dan  25% dari kegitan organisasi dilakukan setiap hari.Serta,90% dari kegitan yang diminati siswa
Tabel 2
No
pertanyaan
jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
Tidak
1.
Apakah anda mengikuti kegiatan tersebut ?
20
-
100%
-
2.
Apakah anda selalu aktif dalam kegiatan tersebut?
20
-
100%
-
Dari responden di peroleh 100% dari mereka mengikuti kegiatan tersebut. Dan 100% dari mereka selalu mengikuti kegiatan tersebut.
Tabel 3
No.
pertanyaan
Jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
Tidak
1.
Apakah anda setuju dengan adanya kegiatan tersebut ?
20
-
100%
-
2.
Apakah anda mendukung jalannya kegitan tersebut ?
20
-
100%

3.
Apakah berdampak negatif bagi anda ?
-
20
-
100%

Dari responden 100% mereka setuju dengan adanya kegiatan tersebut .Dan 100% mereka mendukung kegiatan tersebut .Serta 100% tidak berdampak negatif bagi mereka.
9
Tabel 4
No.
Pertanyaan
jawaban
Presentase
ya
tidak
ya
tidak
1.
Apakah kegiatan tersebut membawa dampak positif  bagi anda ?
20
-
100%
-
2.
Apakah kegiatan tersebut mengganggu belajar anda ?
3
17
15%
85%
3.
Apakah nilai anda menurun ketika sibuk dengan kegiatan tersebut ?
6
14
30%
70%
4.
Apakah anda sering ijin saat belajar mengajar di sekolah untuk menfikuti kegiatan OSIS tersebut ?
14
6
70%
30%
5.
Apakah kegiatan tersebut  dilakukan pada saat pelajaran berlangsung?
8
12
40%
60%

Dari responden 100% kegiatan tersebut memberi dampak positif bagi mereka,15% kegiatan tersebut menggangu kegiatan belajar mereka,30% kegiatan tersebut berpengaruh terhadap menurunnya nilai siswa di sekolah,70% kegiatan tersebut merka sering ijin untuk mengikuti kegiatan tersebut.Serta 40% kegiatan tersebut berlangsung saat pembelajaran di kelas.




10
BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.     Terdapat kegiatan OSIS di SMA N 1 SEWON.Kegiatan tersebut diminati dan beberapa siswa mengikuti kegiatan OSIS tersebut.
2.     Kegiatan OSIS tersebut memiliki dampak positif maupun negatif.Kegiatan OSIS di SMA N 1 SEWON membri pengaruh terhadap kegiatan belajar siswa.
3.     Kegiatan OSIS memberi pengaruh terhadap siswa di kelas.
B.     Saran
1.     Sebaiknya pelajar tidak melupakan kewajibanya untuk belajar.
2.     Apabila kegiatan OSIS di pandang terlalu berat sebaiknya maka pelajar tidak di wajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.
3.     Sebaiknya anggota OSIS bisa  mengatur waktu agar tidak mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan OSIS juga tetap berlangsung.




1 komentar:

jaimilaocasio mengatakan...

Casinos Near Me - Oklahoma Casino Guide
Casinos Near Me · Top Casinos Near Me 세종특별자치 출장샵 · What Are The 구미 출장마사지 Best 보령 출장샵 Casinos Near Me · Popular Slots Near Me 김천 출장안마 · Las Atlantis · w88 Caesars Palace · SugarHouse

Posting Komentar